Tips Merawat Clodi Agar Awet Dan Tahan Lama.

? ?      Memakai popok kain seorang ibu bisa didasari dengan berbagai alasan. Diantaranya adalah dengan memakai popok kain atau jauh lebih hemat dan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan memakai popok sekali pakai. Clodi memberikan kesempatan kepada kulit Si Kecil untuk bernapas.Selain lebih ramah lingkungan, clodi juga dianggap dapat mengurangi paparan bahan kimia pada Si Kecil. Bahan pembuatannya dirasa lebih aman dibandingkan popok sekali pakai yang diduga masih mengandung klorin, polyacrylate, dan bahan kimia lainnya. Sehingga, dengan bahan yang minim dengan bahan kimia,

    Namun, dibalik keuntungan memakai  popok kain, ada cara dalam merawat popok kain itu agar manfaatnya bisa bertahan lebih lama, bahkan popok kain bisa bertahan lebih dari 2 tahun dan bisa diturunkan ke adeknya dengan perawatan yang benar. Berikut beberapa tips agar popok kain bisa bertahan lama dan tidak mudah rusak

1. Lakukan Prewash Sebelum dipakai

     Tips merawat clodi agar awet dan tahan lama yang pertama adalah lakukan prewash sebelum popok itu dipakai. Rekomendasi untuk melakukan prewash adalah dilakukan tiga kali dengan tujuan agar popok bisa maksimal dalam menyerap cairan (pipis), selain itu juga agar popok kain bersih dari sisa bekas produksi yang mungkin Cara mencucinya pun cukup mudah seperti halnya mencuci pakaian biasanya. Bunda dapat merendamnya selama 1 jam bersama detergen. Setelah kedua dan ketiga, tidak menggunakan detergen pun tidak masalah. Bunda dapat menggunakan air suhu biasa atau air hangat. Pada beberapa clodi dengan bahan penyerap organik, seperti yang terbuat dari bambu atau hemp, penggunaan air hangat saat sangat disarankan karena lebih efektif mengangkat kandungan minyak yang ada di dalamnya.


2. Menggunakan Deterjen tanpa pewangi, pelembut dan pemutih

     Tips merawat clodi agar awet dan tahan lama yang selanjutnya adalah gunakan sedikit detergen. Serta dalam memilih deterjen, perlu Bunda perhatikan bahwa menggunakan deterjen yang murni deterjen, yaitu deterjen tanpa kandungan pewangi, pelembut dan pemutih. Karena kandungan-kandungan di atas ada resiko yang akan merusak serat-serta popok kain itu sendiri. Selain itu, ada baiknya juga menggunakan detergen yang khusus untuk clodi atau pakaian anak supaya clodi lebih tahan lama. Menurut Shannon Griffith, pemilik Green Diaper Babies di Chicago, deterjen yang aman untuk popok kain juga sangat penting untuk membantu menjaga daya serap popok. "Anda bisa memilih produk yang bebas dari pelembut kain,” kata Shannon Griffith.


3. Lebih baik dicuci dengan tangan (dikucek)

     Tips merawat clodi agar awet dan tahan lama yang selanjutnya adalah dengan mengucek serta menghindari mesin cuci. Perlu diperhatikan pula, bahwa dalam menguceknya pun tidak perlu terlalu keras agar bagian inner atau waterproof tidak rusak dengan kuatnya tenaga saat mengkucek. Sebenarnya mencuci clodi bisa saja dengan menggunakan mesin cuci. Apalagi bagi Bunda yang repot untuk mencuci menggunakan tangan. Namun saat mencuci dengan mesin cuci, pastikan clodi dimasukkan ke dalam agar karet pada bagian paha dan pinggang tidak cepat melar sehingga lebih awet.



4. Perhatikan Posisi Clodi saat Menjemur

     Bunda dapat menjemur clodi dengan paparan sinar matahari langsung atau tidak. Namun pastikan popok kering engan sempurna.Sinar UV dapat memudarkan noda dan membantu membunuh bakteri penyebab bau. Namun, sinar UV juga akan berdampak pada lapisan elastis dan waterproof. Matahari yang terik bahkan dapat melelehkan lapisan kedap air jika clodi dibiarkan terlalu lama dijemur. Karena itu, posisi penjemuran pun mesti diperhatikan. Bagian clodi yang sebaiknya menghadap bawah sedangkan innernya menghadap atas. Hal ini untuk mengurangi risiko lapisan waterproof rusak ketika terpapar sinar matahari.

5. Jangan Disetrika

Tips merawat clodi agar awet dan tahan lama yang selanjutnya adalah jangan disetrika. Tanpa disetrika, clodi setelah kering sudah dapat digunakan. Jangan takut akan ada baketri atau kuman karena tidak disetrika, ya. Karena melalu proses pencucian dan pengeringan di bawah sinar matahari, kuman akan mati dengan sendirinya. Menyetrika popok kain akan berakibat rusak nya lapisan waterproof yang akan menyebabkan popok menjadi tidak kedap terhadap air.

6. Lakukan Stripping Secara Berkala

     Tips merawat clodi agar awet dan tahan lama yang selanjutnya adalah jangan kupa lakukan stripping. Setelah clodi dipakai rutin beberapa lama, terutama ketika clodi menjadi cepat bocor atau berbau pesing padahal baru dipakai sebentar. Stripping merupakan metode pencucian untuk menghilangkan residu detergen yang ada di dalam clodi. Karena residu inilah biasanya kualitas clodi bisa menurun. Tapi jangan khawatir, karena setelah melakukan clodi bisa seperti baru kembali. Cara melakukan juga cukup mudah. Rendam clodi bersih di dalam air hangat, bilas hingga tidak berbusa. Bunda juga dapat menggunakan baking soda dan cuka serta product treatment khusus untuk stripping clodi.

    Itulah beberapa tips merawat clodi agar awet dan tahan lama. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah beda merek clodi, bisa beda pula cara perawatannya, terutama untuk masalah pencucian.

0 Comments

Leave A Comment